Sabtu, 05 Juli 2008

The Power of Question

Bedakan antara pertanyaan how and why dalam menghadapi apapun dalam hidup anda maka perubahaan akan anda peroleh dengan cepat.
Apa perbedaannya antara how and why ?? biasakan hidup anda dengan bertanya how….. ketika anda bertanya why, anda seperti tidak ada kuasa penuh atas hidup anda.
Ini adalah cara bertanya terjelek yang pernah saya ketahui. sebagai contoh, orang gendut yang ingin kurus.

Perhatikan ketika dia bertanya dengan pertanyaan yang salah, maka hasilnya juga akan salah.Mengapa ya koq saya gendut ?? (kira-kira apa jawabannya?) yah karena, saya makan tidur makan tidur terus, karena  jarang olahraga, karena saya ini males…bandingkan dengan pertanyaan ini..
Bagaimana caranya biar saya tidak gendut ?? datang ke gym,jangan makan karbo setelah jam 6 malem, belajar cara makan orang yang dulunya gemuk juga sekarang sudah kurus (jangan terbalik )..

Lihat, hanya berbeda kata how dan why, itu sudah membuat dampak perbedaan yang besar atas jawaban yang di hasilkan.. Jangan sampai dalam pekerjaan kita, dalam karir kita, dalam keuangan kita, dan dalam hal apapun itu juga, kita pergunakan kata why…  ,walaupun ini adalah hal yang simple..

Tapi akan berdampak pada hasil akhir dari pikiran kita…ketika anda menggunakan kata how, anda memaksa otak anda untuk mencari “cara” agar segera keluar dari masalah yang sekarang di hadapi.Ketika anda menggunakan kata why ,anda memaksa otak anda untuk mencari “alasan” agar segera keluar dari masalah yang sekarang di hadapi. Do you get my point ??

Tak ada masalah yang dapat anda hindari , setiap masalah harus anda hadapi dengankepala tegak. Mungkin anda bisa mengelak dari masalah anda sekarang, tapi semakin lama anda menghindar, masalah itu akan seperti snowball, yang terus menggulung menjadi massive power yang akan menghancurkan anda sendiri pada suatu saat nanti.

Another power of question is…

Selalu tanyakan 3 hal ini ketika anda sedang mengalami hal yang tidak mengenakkan.

1.  Apa yang hebat/disyukuri dari kejadian ini ?
     Selalu ada yang bisa di syukuri, ketika anda diperkosa, ketika anda ditipu dalam bisnis. Pasti
     ada yang bisa disyukuri. Tapi jika anda berhenti hanyasampai disini saja, anda akan naif.

2.  Apa yang harus saya pelajari karena/dari kejadian ini yang akan membuat saya di kemudian
     hari menjadi lebih baik ?

3.  Lalu apa yang harus saya lakukan sekarang, yang akan membuat saya- merasa lebih baik-
     menjadi lebih baik-membuat orang banyak lebih baik- yang diridhoi Allah SWT. Ingat
     perkataan saya, when you ask yourself in the right way, you’ll have a right answer too.


Ingat ini hal simple banget.. cuma kalau salah, hasil akhir akan berbeda..
( thehattainstitute.blogspot.com)

Tidak ada komentar: